Tahapan Membuat Surat Keterangan Berbadan Sehat

Surat keterangan berbadan sehat ini sangat kamu perlukan jika ingin melanjutkan pendidikan dan melamar sebuah pekerjaan.

Dengan berkas ini kamu bisa menunjukan bahwa fisik dalam keadaan baik dan layak untuk mengikuti sebuah kegiatan (melamar kerja / melanjutkan pendidikan).

Untuk memperoleh surat keterangan sehat ini kamu bisa mengajukan / membuat diberbagai tempat yaitu puskesmas, rumah sakit umum, dan klinik kesehatan resmi.

Jika surat ini bertujuan untuk melamar kerja lebih baik kamu membuatnya di puskesmas saja, dengan pertimbangan proses cepat, dekat dengan domisili, dan tanpa perlu mengantri seperti di rumah sakit.

surat keterangan sehat
sumber gambar: blog.wpsic.com


Bagaimana cara membuatnya?

Sebelum membuat surat keterangan sehat ini, ada hal-hal yang harus kamu persiapkan seperti Kartu Keluarga (KK) dan KTP.

Jika kamu masih pelajar maka tunjukan saja kartu pelajar.

Untuk tahapan pembuatannya, silahkan kunjungi puskesmas desa tempat kamu tinggal lalu bilang jika kamu hendak membuat surat keterangan berbadan sehat beserta tujuannya (untuk melamar kerja / melanjutkan pendidikan).

Setelah mengisi biodata yang diminta, langkah selanjutnya yaitu: kamu akan mengikuti beberapa pemeriksaan seperti tekanan darah, tinggi dan berat badan, detak jantung dan sebagainya.

Jika sudah, maka tunggu hingga suratnya jadi.

Baca juga: panduan membuat kartu kuning (kartu pencari kerja)

Berikut contoh surat keterangan sehat

Berikut ini merupakan beberapa contoh surat keterangan sehat yang bisa kamu lihat.

Biasanya surat ini akan berisi beberapa keterangan tentang diri kamu yang mencangkup point-point seperti: Nama, alamat, golongan darah, berat dan tinggi badan, usia, dan tujuan pembuatan surat.

Mungkin setiap daerah akan memiliki perbedaanformat, namun tidak akan signifikan. Untuk lebih jelassilahkan lihat contoh berikut ini;

contoh surat keterangan sehat
sumber: doc pribadi

Baca juga : cara membuat SKBN (Surat Keterangan Bebas Narkoba)

Biaya pembuatan

Untuk mendapatkan surat keterangan sehat ini jika kamu membuatnya di Pusat Kesehatan Masyarakat (puskesmas) maka hanya perlu membayar Rp. 10.000 saja.

Murah bukan, Nah jika kamu perlubanyak lebih baik fotocopy dan legalisir sehingga tidak perlu bolak-balik.

Oke, itulah tahapan membuat surat keterangan berbadan sehat yang bisa saya sampaikan, semoga membantu. Salam...

Mungkin kamu tertarik: cara membuat skck

Artikel Terkait

Previous
Next Post »