Menuju Tak Terbatas dan Melampauinya

cara menjadi individu yang luar biasa
sumber gambar: 28mhafidh

Pada awal membangun sebuah usaha atau karir mungkin kita dihadapi dengan berbagai keterbatasan yang sering kali menggangu kelancaran kegiatan.

Seperti keterbatasan modal, ilmu, skill, personal branding (tampang pas-pasan), dan keterbatasan lainnya.

Tahap ini pula yang akan menentukan apakah seseorang bisa dikatakan berhasil atau gagal. Orang yang gagal akan menyerah pada rintangan keterbatasan tersebut, sedangkan orang yang berhasil lebih bisa mengatasi keterbatasan yang ada.

Sebenarnya terbatas atau keterbatasan tidak selalu memiliki arti negatif untuk kita. Dimana keterbatasan bisa membuat kita membatasi diri dari keinginan yang tidak berguna.

Tergantung cara pandangnya seperti apa.

Baca juga : Kunci terhindar dari kesulitan hidup zaman ini

Jika kamu mempunyai uang yang terbatas dan hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan satu bulan kedepan, maka hilang dengan sendirinya keinginan untuk membeli barang yang tidak berguna. Untuk kasus ini sangat bagus dan harus diterapkan.

Bagaimana jika hal ini terjadi ketika kamu hendak membuka usaha atau pun memulai karir?. Apa yang harus kamu lakukan? apa yang harus diupayakan?

Sehingga kamu bisa menjadi individu yang menuju tak terbatas dan bila perlu melampauinya.

Menuju tak terbatas itu perlu proses. Prosesnya bisa pahit atau manis. Bisa sebentar atau lama, apakah kamu sudah siap menjalani itu semua?

Jika iya maka lanjutkan.

Jika tidak, berhentilah saat ini juga lalu mulailah ketika kamu telah siap.

Semakin cepat kamu siap, maka semakin cepat pula kamu menuju yang tak terbatas.

Untuk itulah diperlukan proses, tidak ada ceritanya orang yang sukses mendapatkannya dengan waktu semalam. Dengan cara bim-salabim langsung kaya. Tidak ada yang seperti itu.

Yang ada hanyalah orang memanfaatkan kebodohan orang lain untuk memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya. Ini juga yang menyebabkan banyak masyarakat dibodohy oleh media mainstream yang mendukung jagoannya terkesan baik/bagus padahal dibaliknya sangat busuk.

Sehingga terbentuk outpun orang-orang membela mati-matian tokoh yang bersalah tersebut. Yang lebih parah lagi memberi gelar terhormat. Saya harap kamu tidak termasuk orang yang dibodohy media tersebut.

Baca juga : Cara meningkatkan peluang sukses (siapa pun bisa)

Dimulai dari yang Kamu Bisa


Untuk mencapai yang tak terbatas, kamu harus memulai dengan hal yang kecil. Dimulai dari yang kamu bisa. Kamu bisa apa untuk saat ini? apa yang harus kamu lakukan dengan skill “bisa” tersebut?

Bisa dalam arti
  • Kamu mengerti sistemnya
  • Mengerti ilmunya
  • Tahu caranya

Banyak orang yang ingin sukses tidak dimulai dari apa yang ia bisa terlebih dahulu. Mereka mencari rutinitas yang indikator diatas tidak dimiliki. 

Padahal memulai sesuatu dari apa yang kamu bisa, hasilnya akan sangat maksimal dibandingkan dengan memulai sembari belajar.

Ambil sebuah kasus dimana ada seorang yang telah belajar satu tahun membuat kue, sehingga dikatakan “bisa” dalam hal tersebut.

Jika ia membuka usaha toko kue yang dimulai dari apa yang ia bisa, maka peluang untuk sukses akan semakin besar dibandingkan dengan orang lain yang tidak bisa membuat kue (baru belajar). Dengan asumsi dikerjakan sendiri.

Oleh sebab itu untuk menuju yang tak terbatas mulailah dengan hal kecil. hal kecil yang kamu dapat di bilang “bisa”. Jika ini sudah kamu lakukan maka langkah selanjutnya adalah;

Tingkatkan Kapasitas Diri.


Satu langkah sudah kamu lakukan dengan baik, sekarang saatnya meningkatkan hal yang kamu bisa tersebut menjadi kapasitas yang lebih tinggi.

Kamu tidak akan mendapatkan yang besar jika tidak memiliki kapasitas yang besar pula. Jika kamu mengambil pasir di pantai dengan menggunakan sendok maka kamu akan mendapatkan pasir sebanyak  kapasitas sendok tersebut.

Namun jika kamu mengambil pasir dipantai dengan menggunakan skop maka kamu akan mendapatkan pasir sebanyak kapasitas skop tersebut.
Perlu berhati-hati, langkah ini akan berjalan lancar jika seperti disebutkan di awal yaitu dimulai dengan hal yang kamu “bisa” dulu dan perlahan meningkatkan kapasitas diri.

Begitu juga dengan diri, untuk menjadi individu yang dapat menuju tak terbatas harus memiliki kapasitas yang lebih besar dari orang lain. 

Pada dasarnya Allah SWT telah memberikan kapasitas diri yang besar pada manusia. Hanya ada dua hal yang membuat kapasitas diri kamu begitu kecil;
  • Diri kamu sendiri yang membatasi 
  • Tidak mengaoktimalkannya

Maka hancurkan kedua penghalang ini.

Lalu bagaimana agar kapasitas yang kita miliki bisa besar? Ada banyak cara yang bisa dilakukan diantaranya yaitu;

Cara meningkatkan kapasitas diri bisa dengan cara;
  1. Menuntut ilmu yang bermanfaat
  2. Merenung dan berfikir dengang optimal
  3. Melatih kemampuan agar lebih mahir
  4. Mencoba hal baru yang belum pernah dilakukan

Pada awalnya akan terasa sulit dan mungkin membosankan. Itu wajar lah, karena semuanya memerlukan proses yang tidak gampang. 

Coba renungkan ini: 

Ingat bahwa anda pernah balita, dimana akan selalu bangkit jika mengalami kegagalan, akan terus berusaha walau dengan pengorbanan, dan akan selalu menjadi yang terbaik hingga mencapai kesuksesan.

Lalu berfikirlah sesimpel mungkin dan fokus pada tujuan. Layaknya balita yang ingin berjalan dan fokus belajar berjalan bukan fokus pada mengapa balita lain bisa berjalan.

Tingkatkanlah kapasitas diri kamu hingga menuju tak terbatas bila perlu melampaui tak terbatas tersebut. Yang menjadi masalah adalah APAKAH KAMU SIAP MENJALANI PROSESNYA?

menuju tak terbatas dan melampauinya
sumber gambar: pixar.wikia.com

Mungkin kamu tertarik : Cara membuat SKCK

Artikel Terkait

Previous
Next Post »