Daftar Lampiran Berkas Sebagai Syarat Melamar Kerja yang Harus Kamu Tahu

Daftar lampiran berkas lamaran kerja - sebagai seorang yang akan melamar kerja, pastinya kamu tahu bahwa ada beberapa daftar berkas yang harus dipersiapkan sebagai syarat mendaftar kerja.

Berkas-berkas lampiran tersebut sebagai salah satu cara agar seorang perekrut kerja (HRD) bisa menyeleksi mana calon karyawan yang paling berkompeten dari sekian banyak orang yang mendaftar.
daftar lampiran berkas surat lamaran kerja
sumber gambar : trabajemos.cl

Sayangnya banyak para pencari kerja membuat atau melampirkan berkas-berkas yang di butuhkan untuk melamar kerja secara sembarangan (asal), akibatnya tidak berhasil masuk ke tahap selanjutnya.

Banyak faktor yang menyebabkan kurang perhatiannya para pencari kerja terhadap resume yang ia miliki seperti: baru pertama kali membuat resume, tidak mengetahui bahwa ada kesalahan yang ia buat pada resume tersebut, tidak lengkapnya lampiran yang ia cantumkan, dan masih banyak lagi.

Ini akan sangat sayang sekali jika kamu tergolong individu yang masuk kualifikasi dan yang sedang dicari sebuah Instansi/Perusahaan namun tidak berhasil melewatinya karena daftar berkas yang kamu cantumkan saat melamar kerja tidak profesional.

Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kamu inginkan seperti kasus di atas saat melamar kerja, sebaiknya kamu harus mengetahui daftar lampiran berkas apa saja yang harus di cantumkan dan harus di buat secara profesional, berikut daftarnya yang sudah Panduan Karir rangkum untuk kamu.

DAFTAR LAMPIRAN BERKAS LAMARAN KERJA


Secara umum ada beberapa daftar lampiran berkas yang harus di cantumkan oleh seorang pencari kerja yaitu:

Daftar diatas berlaku untuk para pelamar kerja baik yang baru lulus (fresh graduate) maupun yang sudah profesional. Sedangkan ada beberapa berkas lain yang harus di lampirkan jika ingin melamar kerja, namun point-point ini biasanya hanya untuk yang sudah pernah bekerja bukan fresh graduate lagi yaitu:
  • Surat Kuning/ Kartu Kuning
  • Akte Kelahiran
  • Surat Rekomendasi dari Istansi/Perusahaan Sebelumnya
  • Sertifikat Penghargaan

Bearkas-berkas diatas sangat disarankan untuk kamu persiapkan sebelum kamu benar-benar ingin terjun ke dunia kerja (sebelum lulus), karena jika kamu sudah mempersiapkan berkas lamaran kerja saat kamu masih study. Maka kesiapan yang kamu miliki akan maksimal dan cepat mendapatkan pekerjaan pastinya.

Ini akan kamu remehkan ketika masih menjadi pelajar atau mahaiswa, dan akan kamu sadari setelah kamu sudah menemukan sebuah pekerjaan namun kualifikasi yang diminta oleh instansi/perusahaan yang bersangkutan tidak kamu miliki.

Nah jika kamu saat ini berstatus sebagai mahasiswa maka kamu boleh merasa beruntung karena menemukan artikel ini ^^, namun jika kamu sudah terlanjur lulus jangan terlalu dipikirkan lebih baik kamu mengupayakan apa yang harus dilakukan untuk mendapat apa yang kamu incar.

Baca juga: Contoh surat lamaran kerja tanpa pengalaman

Karena tujuan saya membuat postingan ini adalah untuk menyadarkan pelajar/mahasiswa kupu-kupu (kulia pulang, kulia pulang) agar mau merubah kebiasaannya tersebut.

Postingan ini berjudul “Daftar Lampiran Berkas Lamaran Kerja” yang bisa kamu persiapkan untuk menatap karir di masa depan,  Jika kamu rasa bermanfaat silahkan share ke teman-teman kamu agar lebih banyak yang tahu, salam sukses buat kamu. Wasalamualaikum.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »