Contoh Surat Lamaran Kerja Tanpa Memiliki Pengalaman

contoh surat lamarankerja

Contoh surat lamaran kerja yang akan kamu lihat pada postingan ini merupakan surat lamaran tanpa pengalaman. Ini cocok buat para mahasiswa yang baru lulus kuliah alias fresh graduate, adik-adik lulusan SMA yang mau bekerja.

Postingan ini sebenarnya terinspirasi dari adik tingkat saya yang baru lulus tahun 2016 kemarin. Dimana ia akan melamar pekerjaan namun masih sedikit bingung bagaimana bentuk surat lamaran yang baik dan benar itu seperti apa.

Sebenarnya saya menyuruh ia mencari saja di internet pasti akan banyak di temukan, namun dia beralasan sudah mencari dan kurang yakin apakah surat yang telah ia download bisa menghantarkannya lolos seleksi kerja.

Loh kalau kamu saja gak yakin apalagi saya” itulah ucapan yang keluar dari mulut saat menjawab telepon darinya. Karena saya pernah merasakan hal yang sama seperti dia ya sudah saya minta kirimkan surat lamaran kerja yang sudah ia modifikasi.

More article: poin penting surat lamaran kerja

Setelah membaca, menurut saya masih banyak hal yang masih harus diperbaiki terhadap surat yang sudah dibuat oleh adik tingkat saya tersebut, sehingga saya coret dan saya kasih perbaikan lalu saya scan dan saya kirim ke dia.

Saya bilang kepada dia seberarnya ini format surat yang saya buat saat mendaftar pekerjaan saat saya baru lulus kulia dulu, hanya tingga mengganti nama instansi/perusahaan, dan hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan yang bersangkutan.

Saya sempat menekankan juga ke dia dimana saya tidak akan mau disalahkan jika ia tidak diterima, ia bilang tidak apa-apa yang penting kakak sudah bantu. Coba tebak apa yang terjadi setelahnya?.

Setelah dua minggu adik tingkat saya tersebut chat katanya “ kak, terimakasih saya diterima kerja di xxxx dan akan mulai kerja minggu depan”. Wah bangga juga rasanya bisa membantu orang lain dan bisa berhasil :).

More article: Cara kirim surat lamaran kerja via email

Nah karena alasan tersebutlah saya memberanikan diri bahwa format surat lamaran kerja ini Insyaaalah 80% bagus jika digunakan untuk mendaftar lowongan kerja dengan minim pengalaman. tanpa berlama-lama berikut;

Contoh Surat Lamaran Kerja


Sebagai catatan ada beberapa hal yang sengaja saya ubah tidak seperti aslinya, misal: nama sekolah, alamat, nama pemilik surat, nama, provinsi dan hal-hal privasi lainnya. Dengan alasan untuk menjaga keamanan dan privasi orang lain.

contoh surat lamaran kerja umum
contoh surat lamaran kerja tanpa pengalaman
contoh surat lamaran kerja

                Padang, 23 Agustus 2016

Kepada
Yth. Bapak/Ibu Kepala SDN 1000 Padang
Jl. Imam Bonjol Gang Putra Rt.02 Lk.02 Kelurahan Melati
Padang 12345

Hal : Lamaran Pekerjaan

Dengan hormat,

Yang bertandatangan di bawah ini:
Nama                                    : Tumijo Prayogo
Tempat, Tanggal Lahir     : Padang, 05-Januari-1992
Usia                                   : 25 tahun
Pendidikan Terakhir         : S-1 Pendidikan PPKN, Universitas XXXX
Alamat Asal                     : Jl. Raden Kesatria Gang Anggrek II, Kelurahan
Cempaka Bukit Tinggi, Sumatera Barat
Email             : Tumijo12345@gmail.com
Telepon                      : 0888 1234 5678

Berdasarkan Info Kerja yang dimuat di media online panduanberkarir.blogspot.com, saya bermaksud mengajukan lamaran kerja pada Yayasan yang Bapak/Ibu pimpin untuk menempati posisi sebagai Guru Kelas. Dengan bekal kemampuan yang saya miliki diantaranya mempunyai keahlian komputer dalam mengoperasikan CorelDraw, Microsoft Word, Excel, PPT, dapat membaca Alquran dan pengalaman  mengajar bimbel, privat. Saya dapat bekerja keras, bertanggung jawab, rajin, jujur, dapat bekerja secara mandiri maupun tim dan siap bekerja dibawah tekanan.


Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan, saya lampirkan berkas-berkas sebagai berikut :
1.  Foto Copy Ijazah terakhir
2.  Curriculum Vitae / Daftar Riwayat Hidup
3.  Foto Copy KTP
4.  Foto ukuran 3 x 4 = 2 lembar
5.  Sertifikat

Demikian surat permohonan pekerjaan ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Besar harapan saya untuk bisa menjadi bagian dan berkontribusi memajukan Yayasan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

                                Padang, 23 Agustus 2016
                                Hormat Saya,



                                Tumijo Prayogo, S.Pd.


Nah itulah sobat pengalaman ketika saya menolong orang dan bisa berhasil mengantarkan ia masuk tahap wawancara, saya tekankan juga keberhasilan adik tingkat saya tersebut bisa jadi tidak sama seperti kamu namun yang ingin saya tekankan cobalah dulu jangan berprasangka buruk, toh yang penting kamu sudah mencoba dan jika belum berhasil mungkin itu belum rizki dan pastinya Tuhan punya jalan yang lebih baik buat kamu melalui pekerjaan lain.

So, positif thinking ya dan jangan lupa berdoa, salam sukses dan semangat buat semuanya. Postingan ini berjudul “contoh surat lamaran kerja” jika kamu rasa bermanfaat silahkan share biar lebih banyak yang tahu, terimakasih sudah berkunjung.
contoh surat lamaran kerja untuk non pengalaman, contoh surat lamaran kerja non skill, contoh surat lamaran kerja tidak berpengalaman, contoh surat lamaran kerja tanpa lowongan, contoh surat lamaran kerja ijazah menyusul, cara membuat surat lamaran kerja yang belum berpengalaman

Artikel Terkait

Previous
Next Post »