Cara Mengerjakan Tes Psikotes (Wartegg) Agar Bisa Lulus

Dalam artikel ini kita akan membahas cara mengerjakan tes psikotes (wartegg) yang banyak diujikan saat proses rekrutment sebuah perusahaan atau instansi dalam mencari calon karyawannya.

Saya pertama kali berjumpa dengan tes wartegg ini ketika melamar sebuah pekerjaan di perusahaan asuransi ternama dikota tempat saya tinggal.

Saat itu saya masih semester 4 dan belum ada pengalaman kerja. Mengapa saya ketika masih kuliah memberanikan diri melamar?

Ada tiga alasan yang mendorong saya melamar pekerjaan tersebut:
  1. Persyaratan memperbolehkan mahasiswa juga mendaftar
  2. Ingin mencari pengalaman 
  3. Agar punya pemasukan

Dari ketiga alasan diatas, yang paling mendorong saya adalah “menambah pengalaman”. Karena nantinya dengan pengalaman itu bisa membuat CV yang memikat HRD.

Sebenarnya saya menemukan loker tersebut tanpa sengaja ketika browsing ke sebuah blog lalu ada link yang mengarah ke situs lowongan kerja.

Sebenarnya ada banyak loker yang di tawarkan disana namun yang memperbolehkan seorang mahasiswa mendaftar cuma loker yang satu ini.

Nah tanpa berpikir panjang lebar saya langsung membuat surat lamaran kerja dan mempersiapkan berkas lain yang di butuhkan. Lalu setelah jadi, saya kirim via pos.

Tidak disangka-sangka setelah kurang lebih dua minggu saya dihubungi pihak HRD perusahaan asuransi tersebut bahwa saya diundang untuk mengikuti tes tertulis dan wawancara.

Sudah jelas dong saya cukup senang karena sudah melewati satu tahap menuju tahap selanjutnya. Singkat cerita sampailah pada hari dimana tes diadakan, Saya cukup terkejut karena dalam tes tersebut menguji banyak jenis tes dan salah satunya ya tes psikotes (wartegg) ini.

Bagi kamu yang belum tahu tentang tes psikotes ini, berikut sedikit jabaranyya;

Wartegg merupakan salah satu dari tes psikotes. Tujuan tes ini adalah untuk mengetahui karakter seorang calon karyawan. Perusahaan akan mencari 8 karakter yang paling menonjol dan dicari dari seorang calon karyawan sehingga tidak salah pilih kedepannya.

Tes warteg dicirikan dengan terdapatnya 8 buah kotak kosong dengan masing-masing kotak terdapat tinta dengan bentuk yang berbeda satu dengan lainnya. Seperti: coretan, titik, maupun garis.

Ini contoh tes wartegg;

cara mengerjakan tes psikotes (wartegg)
tes psijotes berbentuk (wartegg)

Saya sempat bingung ini gambar disuru ngapain ya, untung ada petunjuk dimana harus meneruskan gambar pada tinta di kotak yang disediakan. Dari tinta-tinta tersebutlah saya diminta membuat delapan gambar apa pun terserah.

Oiya, Kamu jangan takut jika bertemu tes wartegg, karena tujuan dari tes ini bukan melihat apakah kamu pandai menggambar atau tidak, namun untuk melihat karakter yang dimiliki.

Disinilah masalahnya. Memang gambar yang kamu buat tidak di wajibkan harus bagus dan terlihat berkesan, namun ada cara yang harus dilakukan agar kamu bisa lulus.

Oke sebagai latihan, coba kamu kerjakan dahulu tes tersebut di kertas kosong. Buatlah gambar terserah kamu dari tinta-tinta yang ada (bisa benda mati atau mahluk hidup).

INGAT jangan lanjutkan membaca postingan ini sebelum gambar kamu selesai.

Kerjakan saja dulu agar kamu tahu mana karakter yang paling dominan pada diri kamu. Silahkan mulai sekarang waktu kamu 5 menit......

Jika sudah selesai menggambar, beri nomor mana yang kamu kerjakan terlebih dahulu, lalu beri keterangan gambar tersebut (misal; no 1. gambar ayam), dan seterusnya.

Pilih mana gambar yang paling sulit dikerjakan, yang paling mudah dikerjakan, yang paling disukai dan yang paling tidak disukai. Beri juga alasan untuk masing-masingnya.

Sudah selesai?........Oke mari kita bahas satu persatu.

Ini merupakan salah satu contoh gambar yang di kerjakan oleh seseorang saat mengerjakan tes wartegg. Pada gambar di bawah kamu bisa melihat ada gambar mahluk hidup dan benda mati bukan.

Apa sebenarnya alasan akan hal tersebut?

contoh tes psikotes yang sudah dikerjakan
tes wartegg yang sudah dikerjakan

Sebelum menjawab kamu harus tahu dulu apa alasan dan tujuan akan hal tersebut.



  • Kotak 1: Titik-titik hitam kecil menunjukkan kelincahan, pusat sentral Gambarlah makhluk hidup memiliki karakteristik, seperti serangga, laba-laba, kupu-kupu 
  • Kotak 2: Bentuk S terbalik menggambarkan kebebasan, menggelepar Gambarlah burung terbang. 
  • Kotak 3: Baris ketiga menunjukkan kemauan dan tekad untuk selalu memperbaiki diri. Gambarlah pagar, tangga, tiang listrik, dsb. 
  • Kotak 4: kotak hitam kecil di sudut kanan atas, menunjukkan konstruksi yang kuat Gambarlah bangunan, atau konstruksi beton, dll yang menunjukkan kekuatan. 
  • Kotak 5: Dua garis di sudut kiri bawah, menunjukkan bagaimana ketepatan pemecahan masalah Gambarlah objek yang kompleks, cepat, tepat, seperti balap motor atau mobil. 
  • Kotak 6: Dua garis membentuk segi empat Menunjukkan kesederhanaan tapi tetap menyuguhkan realitas. Gambarlah kamera, televisi, komputer. 
  • Kotak 7: Titik kurva Menunjukkan garis yang tidak dapat diproses secara sembarangan, harus diperlakukan dengan hati-hati. Contoh: ulat, ular.
  • Kotak 8: Garis melengkung menunjukkan kebesaran, kebijaksanaan. Gambarlah makhluk hidup yang besar dan menunjukkan kewibawaan, seperti gajah. 


Kembali ke gambar yang sudah kamu buat. Kira kira mana karakter sifat yang ada pada diri kamu?

Silahkan di jawab ya ^^.

CARA MENGERJAKAN TES PSIKOTES (WARTEGG)


Saat ini kamu sudah tahu akan arti dan maksud dari kotak-kotak yang diberikan pada tes psikotes (wartegg) ini. Nah, agar kamu bisa lulus tes ini. Berikut cara mengerjakan tes psikotes (wartegg) yang bisa kamu terapkan.
  1. Jaga kertas dalam keadaan bersih
  2. Jika kamu seorang pria, jangan mulai dari nomor 5 karena jika kamu mulai dari nomor 5, berarti kamu memiliki kelainan seksual.
  3. Mulai dari gambar yang paling mudah diselesaikan oleh kamu. 
  4. Penomoran gambar tidak terlalu urut (1,2,3,4,5,6,7,8), atau tidak begitu acak. Jika perintah terlalu urut, berarti kamu orang yang kaku, jika terlalu acak berarti kamu tidak dapat mengikuti aturan. 
  5. Untuk nomor baris (3,4,5,6) gambarlah benda mati dan bersifat maskulin. 
  6. Untuk nomor 1,2, 7,8 gambarlah makhluk hidup dan bentuk-bentuk menunjukkan sifat feminin. 
  7. Berikan nama untuk masing-masing gambar di bagian kertas yang kosong.

Bagaimana sudah siap mengikuti tes psikotes (wartegg)? Pastinya siap ya. 

Sebagai catatan : jangan menghafal jawaban yang sudah kamu buat, lebih baik kamu pahami maksut dan tujuannya karena bisa jadi syarat yang diberikan antara satu tes dengan tes lainnya berbeda.

Jika kamu sudah paham kasud tes tersbut maka tidak akan jadi masalah jika peraturan mengerjakannya di ubah bukan.

Demikianlah pos kali ini yang panduan karir bisa berikan. Semoga artikel tentang cara mengerjakan tes pskikotes (Wartegg) ini bisa bermanfaat untuk kamu yang akan mengikuti tes psikotes ya. Aamiin.

Jika dirasa bermanfaat silahkan share, atau kita bisa berteman via google+ dan facebook. 

Mungkin kamu tertarik : Cara membuat SKCK

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
Unknown
AUTHOR
6/5/17 15:32 delete

thank you informasinya min,

blog yang sangat inspiratif sekali. Good Job

Reply
avatar
Ridwan
AUTHOR
5/5/19 21:43 delete

KISAH CERITA SUKSES SAYA JADI PNS

Assalamu Alaikum wr-wb, mohon maaf sebelum'nya saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS, saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi Pemerintan Manapun, saya sudah 7 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 2 kali mengikuti ujian, namun hasil'nya Nol bahkan saya sempat putus asah setelah dapat hasil ujian hasil'nya nol,singkat cerita pada suatu hari tempat saya honor mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-2174-0123 dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, 2 bulan kemudian saya sudah ada panggilan untuk pengambilan SK saya, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar, dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, muda mudahan anggota honor yang lain bisa seperti saya amin....amin, dan sekali lagi terima kasih kpd Bpk DR. HERMAN. M.SI direktur aparatur sipil negara di bkn pusat semoga sukses selalu pak herman dan di beri umur panjang. Wassalam.......

Reply
avatar