Tips Tetap Produktiv Saat Bulan Ramadhan

Bismillah, Alhamdulillah sebentar lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan.

Tidak terasa sudah hampir satu tahun sejak bulan suci sebelumnya dan kita akan bertemu lagi di bulan yang penuh rahmat ini.

tips tetap produktif saat bulan Ramadhan
sumber gambar : google image

Tak lupa harus kita ucapkan syukur kepada Allah SWT karena kita masih diberi kesempatan untuk melaksanakan ibadah puasa yang banyak manfaat dan kebaikan untuk diri dan jiwa raga kita.

Oleh karena itu untuk menyambut bulan yang penuh berkah ini, Panduan karir melalui post ini akan membagikan sedikit tips agar tetap produktiv walaupun kamu sedang berpuasa.

Berikut ini beberapa tips yang bisa kita lakukan agar tetap produktiv ketika berada di bulan Ramadhan.

1. Persiapan Jiwa dan Raga


Apa pun yang akan kita laksanakan didunia ini akan berjalan dengan lancar jika dari jauh-jauh hari kita telah mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan.

Ini juga berlaku ketika kita ingin melaksanakan ibadah puasa. Untuk mengahadapi puasa lebih baik kita menyiapkan jiwa dan raga jauh-jauh hari.

Mempersiapkannya bisa kita lakukan dengan melakukan ibadah puasa 1 minggu sebelumnya. Dengan berpuasa sebelum memasuki bulan Ramadhan maka tubuh sudah beradaptasi untuk tidak menerima asupan makanan pada siang hari.

Jika kamu memulai berpuasa pada hari H di bulan ramadhan, maka pada hari pertama akan terasa sekali yang ditandai dengan tubuh sangat lemas, lapar, dan haus. Ini tidak akan terjadi jika sejak jauh hari kita telah melatih tubuh untuk berpuasa.

Tubuh yang sudah beradaptasi tidak akan menyebabkan rasa lemas. Hal ini juga tidak akan menggangu pekerjaan dan aktivitas kita dalam bekerja.

Oleh sebab itu alangkah baiknya berpuasa satu minggu sebelum memasuki bulan Ramadhan.

Nah itu persiapan untuk raga, bagaimana dengan jiwa? Bulatkan niat kamu untuk melakukan ibadah dengan baik pada Ramadhan tahun ini. 

Sebenarnya berpuasa itu tidak akan mengganggu dan berdampak buruk pada individu yang menjalankannya,  malah sebaliknya sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Jika niat kamu sudah baik maka insyaallah dengan puasa kamu akan tetap produktiv, aamiin. So, gak ada lagi ya lemas-lemasan saat berpuasa.

2. Konsumsi Makanan Kaya Gizi


Mungkin banyak diantara kita yang meremehkan hal yang satu ini, sehingga mengkonsumsi makanan yang minim gizi ketika sahur dan berbuka puasa. 

Makanan yang bergizi sangat dibutuhkan agar tubuh tidak kekurangan nutrisi. Kekurangan nutrisi akan menyebabkan tubuh menjadi lemas dan pada akhirnya mengurangi produktivitas kita dalam bekerja.

Sebetulnya tidak hanya dibulan Ramadhan ini saja kita memerlukan makanan yang kaya gizi, dihari hari biasa juga perlu. 

Namun yang ingin ditekankan adalah, ketika dihari-hari biasa saja kita harus mengkonsumsi makanan bergizi apa jadinya jika di bulan puasa tidak melakukannya.

Silahkan renungkan dampaknya.


3. Buat Jadwal Khusus


Untuk menjaga agar kita tetap produktiv pada bulan ramadhan, kita bisa membuat jadwal yang di khususkan untuk bulan ramadhan.

Kamu bisa cancel atau ubah jadwalnya untuk aktivitas yang menguras energi pada siang hari. Aktivitas yang bersangkutan bisa di mundurkan jam nya menjadi sore hari misalnya. Dengan melakukan ini kamu bisa menghemat energi.

4. Tetap Berolahraga


Pernah dengar kiasan “di dalam tubuh yang sehat tersimpan jiwa yang kuat”.

Banyak yang salah kapra antara sebaiknya melakukan olehraga saat puasa atau tidak. Faktanya baik ketika berpuasa atau tidak, tubuh perlu dijaga kebugarannya dengan berolahraga.

Yang perlu diperhatikan adalah waktu atau jam melakukan olehraga ketika sedang berpuasa. Sebaiknya melakukan olahraga ketika mendekati waktu berbuka puasa mulai dari pukul 15.00 sampai 17.30 WIB. 

Waktu-waktu tersebut ideal karena mendekati waktu berbuka puasa, sehingga jika kita membakar cadangan energi dalam tubuh tidak akan memerlukan waktu yang panjang untuk menggantinya dengan berbuka.

Nah, jika kita tetap bugar saat berpuasa, tingkat produktivitas juga akan tinggi.

5. Hindari Kurang Gerak dan Banyak Gerak


Loh kok sub judulnya serba salah ya? Itu betul loh dua aktivitas tersebut bisa membuat kita menjadi tidak produktif saat berpuasa.

Maksut dari kurang gerak adalah tidak melakukan aktivitas sama sekali seperti tidur seharian ^_^. Ketika kamu kurang gerak maka tubuh menjadi lemas dan pada akhirnya malas melakukan sesuatu, padahal pekerjaan menumpuk.

Begitu juga dengan berlebihan dalam melakukan aktivitas pada siang hari. Dengan melakukan aktivitas fisik maka banyak energi yang terbakar, sehingga kita akan merasa lapar, lemas sehingga dampaknya akan sama seperti kasus di atas. 

Sebetulnya masih banyak hal yang bisa kita lakukan agar tetap produktiv saat bulan Ramadhan, namun jika beberapa tips diatas dilakukan sudah cukup. Jika kamu ada tips lainnya silahkan bagikan kepada yang lain via coment.

Demikianlah pos sederhana mengenai “Tips Tetap Produktif Saat Bulan Ramadhan” yang bisa saya sampaikan, semoga di Ramadhan tahun ini kita bisa menjadi individu yang lebih baik lagi dan tentunya menjadi insan yang semakin religius, Aamiin.

Terimakasih sudah mengunjungi postingan ini, semoga bisa memberi manfaat untuk kamu. Insyaallah....Jika dirasa bermanfaat silahkan share ke kerabat kamu ya sehingga banyak yang tahu.

Mungkin kamu tertarik : cara meningkatkan peuang sukses (siapa saja bisa)

Artikel Terkait

Previous
Next Post »