Cara Meningkatkan Skill Bahasa Inggris Kamu Hanya Bermodal Smartphone

Banyak yang bilang cara meningkatkan skill bahasa inggris itu harus mengikuti kursus.

Ini wajar saja, tanpa ada seorang pembimbing kamu akan sangat kesulitan harus mulai dari mana? Metode apa sebaiknya yang digunakan? Bagaimana cek kesalahan?

Susah ya!

Jangan kan belajar secara otodidak, saat kita berada dibangku SMP hingga SMA yang dibimbing oleh seorang guru saja sangat sulit dimengerti (oleh beberapa pihak).

Mengapa bisa begitu ya?

Sebenarnya tidak seluruhnya kesalahan dari kita sebagai murid, namun bisa dari pengajarnya. Banyak guru di Indonesia terutama yang mengajar ilmu Bahasa menggunakan metode ceramah dalam mengajar.

Sudah jelas dong, metode tersebut tidak akan maksimal untuk transfer ilmu kepada murid. Bahkan bisa dibilang sangat kecil frekuensi keberhasilannya.

Murid hanya mendengarkan ucapan guru tanpa praktik, apakah yakin semua murid mendengarkan? Pasti ada yang sibuk dengan urusannya sendiri dibelakang.

Kita bisa lihat outputnya, dimana banyak lulusan sekolah lanjutan yang belum bisa berbahasa Inggris.

Ok. Kita tidak usah ngungkit masa lalu, karena saat ini program pemerintah melalui Kemendikbud sudah mulai menerapkan Kurikulum dan sistem mengajar yang terus membaik, kita do’akan saja supaya kedepan semakin baik lagi. Aamiin.

Yang harus kamu lakukan (kemampuan bahasa inggrisnya pas-pasan) adalah bagaimana cara meningkatkan skill tersebut menjadi lebih baik lagi.

Maka dari itu, dalam artikel ini saya akan memberikan beberapa tips cara meningkatkan skill bahasa inggris hanya bermodal smartphone android/iOS milik sobat.

Dari pada smartphone yang canggih digunakan hanya untuk chatting, sosial media, dan video call. Lebih berguna lagi jika kita menggunakannya secara smart.

Meningkatkan skill Bahasa Inggris


cara meningkatkan skill bahasa inggris
sumber gambar: open.edu

Sebenarnya masalah mau maju atau tidak itu tergantung individunya. Ada orang yang punya fasilitas mumpuni namun malas mengembangkan diri.  Ada orang yang keterbatasan, namun semangat belajarnya tinggi.

Begitu juga sebaliknya....

Jadi kedua komponen tersebut harus sama-sama kamu miliki sehingga mendapatkan hasil yang maksimal. Kamu yang memiliki fasilitas lebih harus memiliki semangat belajar yang tinggi juga. Dan kamu yang keterbatasan jangan mudah menyerah pasti ada jalan.

Nah bagi kamu yang punya sebuah smartphone baik Android maupun iOS bisa menerapkan tips di bawah ini untuk meningkatkan skill bahasa inggris kamu.

1. Download Aplikasi Kamus Indonesia-Inggris

Kemampuan bahasa inggris saya bisa di bilang hampir sama dengan lulusan sekolah lainnya, sangat payah untuk mengartikan sebuah kalimat saja susahnya minta ampun.

Ini memang kurang saya perdulikan. Karena dulu saya belum menyadari bahwa skill bahasa asing itu sangat dibutuhkan dalam dunia karir.

Mengapa tidak. Kita bisa dibayar hingga 21 juta jika menguasai skill yang satu ini dibandingkan dengan orang yang tidak menguasainya.

Mengapa bisa seperti itu?

Saat ini sudah eranya globalisasi yang diperparah dengan sistem keterbukaan. Tidak ada pembatas antara satu negara dengan negara lainnya dalam urusan kerja.

Orang luar bisa bekerja di Indonesia begitu juga sebaliknya kita bisa bekerja di luar negeri jika memenuhi syarat.

Apa jadinya jika kita tidak punya skill berbahasa asing? Ini akan merepotkan kita jika akan berkomunikasi dengan masyarakat internasional yang mayoritas menggunakan bahasa Inggris dalam berkomunikasi.

Karena alasan tersebutlah saya sempat berpikir bagaimana cara agar kosa kata inggris (vocabulary) saya bisa bertambah namun tanpa membawa kamus  yang tebal dan berat itu.

Akhirnya saya download aplikasi kamus Indonesia-Inggris di ponsel Android saya. Dengan aplikasi ini saya bisa menghafal 5 sampai 10 vocabulary dalam sehari kapan pun dan dimana pun saya berada.

Aplikasi yang saya gunakan merupakan aplikasi yang simple dan ukurannya kecil tidak lebih dari 5 Mb. yaitu “Kamus Lengkap Indonesia-inggris” dari pengembang Adudu Studio. Saya suka aplikasi ini karena simpel, ringan, free, dan iklannya minim. 

Berikut tampilannya;

aplikasi kamus Indonesia-inggris

Kamu bisa menggunakan aplikasi lain, cari saja di Playstore (untuk pengguna Android)  atau Appstore (iOS).

2. Aplikasi Toefl

Saat kamu mencari lowongan kerja baik melalui situs lowongan kerja atau secara offline (Koran, spanduk, etc) pastinya terdapat point persyarakat bukan.

Salah satu persyaratan yang di minta bisa berupa sertifikat toefl.

Apa itu toefl? Test of English as a Foreign Language atau yang disingkat TOEFL adalah ujian kemampuan berbahasa inggris (logat amerika) yang diperlukan untuk mendaftar universitas (wikipedia), bisa juga untuk melamar sebuah pekerjaan.

Karena begitu pentingnya sertifikat toefl ini maka saya mencari info di internet “bagaimana cara mendapatkan sertifikat toefl”. 

Ternyata untuk mendapatkannya, kita harus mengikuti tes yang diselenggarakan oleh pihak swasta (bimbel intensif toefl) atau instansi pemerintahan (kampus misalnya).

Ya kira-kira jika kita mau menggunakan jasa swasta kita harus mengikuti kelas dulu untuk belajar agar bisa lulus toefl. Sebenarnya bisa juga kita langsung mengikuti tes dan jika lulus langsung bisa mendapatkan sertifikatnya.

Karena bahasa inggris saya pas-pasan maka saya belajar dulu. Ya salah satunya melalui aplikasi berbasis android. Aplikasi yang saya gunakan yaitu “Latihan Toefl Structure” pada aplikasi ini kamu bisa belajar toefl dan dilengkapi dengan soal latihan.

Berikut screen shotnya:

aplikasi toefl

Kamu bisa menggunakan aplikasi toefl lain, cari saja di Playstore atau Appstore.

3. Aplikasi Listening 

Dengan dua aplikasi yang sudah saya sebutkan diatas, insyaallah kemampuan bahasa inggris kamu akan mengalami peningkatan jika digunakan dengan konsisten dan terstruktur.

Namun kedua cara tersebut hanya sebatas vocabulary (kosa kata) dan toefl saja. Untuk maksimalkan pembelajaran, kita juga meski melatih pendengaran kita dalam mendengar percakapan berbahasa inggris.

Mengapa? Jika kamu perhatikan masih banyak orang yang bisa mengartikan sebuah teks berbahasa inggris, namun ketika mendengar percakapan bahasa inggris kurang nyambung.

Ini juga terjadi pada teman-teman kulia saya, mereka bisa mendapatkan nilai A pada ujian teks namun hasil yang didapatkan beda pada tes listening (mendengarkan percakapan).

Oleh sebab itu kita perlu juga melatih telinga agar terbiasa dengan ucapan berupa bahasa inggris ini. Dunia kerja juga akan banyak memakai bahasa inggris dalam bentuk percakapan dan listening, walaupun teks juga sering.

Kamu bisa mencari aplikasi listening di playstore maupun Appstore, sangat banyak disana. Kalau saya menggunakan dua aplikasi listening untuk melatih kemampuan mendengarkan saya.

4. Google Translate

Saya itu orangnya gak suka ngartikan sebuah teks yang panjang, maklumlah vocab saya masih minim :). Ini juga yang membuat saya kesulitan jika menemukan sebuah teks berbahasa inggris ketika membaca sebuah situs luar negeri.

Untuk siasati hal ini, saya sering menggunakan layanan milik google yaitu google translate. Memang hasil yang ditampilkan sangat kacau dan gak nyambung. 

Namun tujuan saya adalah mengerti secara garis besarnya saja, jika sudah mengerti maka saya pelajari menggunakan secara perlahan. Lumayan guys untuk belajar.

Kalau kamu berniat dengan sungguh-sungguh untuk meningkatkan skill bahasa Inggris maka cara apa pun bisa dilakukan. 

Nah itulah beberapa tips untuk meningkatkan skill bahasa Inggris menggunakan smartphone yang kamu punya. Setelah menggunakan semua cara diatas, saya yakin skill kamu akan meningkat dan bisa menatap karir masa depan yang lebih cemerlang, Aamiin.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »