Cara Menjalin Networking (Chanel) Untuk Karir Anda

Cara Menjalin Networking (Hubungan) - Pastinya semakin Anda memiliki banyak jaringan / hubungan akan memudahkan dalam menggapai karir dibandingkan dengan orang yang diluar ini.

Pastinya Anda juga pernah mendengar sebuah kalimat yang berbunyi "semakin banyak terjalin silahturahmi maka akan menambah rezeki".

Kalimat ini ada benarnya dimana apabila Individu yang memiliki atau menjalin banyak hubungan dengan orang lain akan lebih mudah sukses.

Sayangnya ada banyak orang yang sadar pentingnya skill ini setelah dia dalam posisi mencari pekerjaan baik setelah lulus study atau keluar dari pekerjaan lamanya.

Jadi tidak heran jika yang bersangkutan akan berpeluang sulit mendapat kerja yang baru.

Nah, agar sobat tidak mengalami nasib yang sama berikut ada beberapa cara untuk menjalin networking untuk karir dimasa depan.

Artikel pilihan buat Anda :  kunci menjawab pertanyaan interview kerja (wawancara)

Cara Menjalin Networking

 sumber gambar: successinhr.com

#1 Niatkan

Ada yang bilang semua pekerjaan / tindakan tergantung niatnya. Jika niat Anda berkenalan dengan orang lain hanya sekedar untuk hari itu saja maka pantaslah akan dilupakan.

Namun akan beda jika niat Anda berkenalan dengan orang lain untuk menjalin networking.

Banyak yang merasa jika berkenalan dengan sebagian orang tidak akan memberikan manfaat bagi dirinya. Ini anggapan yang salah, Anda tidak akan tahun 2 atau 5 tahun mendatang orang yang bersangkutan bisa jadi akan memberikan bantuan atau menjadi rekan bisnis Anda.

Mulailah menumbuhkan rasa senang bergaul dengan siapa saja dengan catatan orang tersebut tidak mengajak Anda pada perbuatan yang melanggar hukum dan ajaran agama.

Artikel pilihan buat kamu : cara meminimalisir pembodohan yang akan merugikan Anda

#2 Terima Perbedaan

Didunia ini tidak akan ada yang sama persisi 100% dengan pemikiran Anda. Jadi terimalah perbedaan jika ingin menjalin networking yang luas untuk karir dimasa depan.

Pastinya Anda juga pernah membaca sebuah persyaratan dalam sebuah lowongan pekerjaan yang mengharuskan dapat bekerja dengan team bukan. Bukankah didalam satu tim itu akan terdiri dari lebih 2 orang...?

Jika Anda sadar sejak awal bahwa dalam satu tim akan memiliki gaya dan sifat yang berbeda maka tidak akan syok jika jalan pikiran yang lain tidak seperti yang anda pikirkan.

Memang itulah tujuan sebuah team yang akan mengumpulkan banyak pemikiran yang akan dipilih yang terbaik sejalan dengan visi misi perusahaan.

Dengan bekerja dalam team juga anda akan belajar menerima perbedaan yang pastinya akan selalu anda temui ketika menjalin sebuah networking (hubungan) dengan orang lain.

Artikel pilihan buat Anda :  Menuju dan menghancurkan pembatas karir Anda

#3 Dengarkan Pendapat Orang Lain

Mendengarkan pendapat orang lain yang berbeda dengan Anda untuk sebagain orang akan sulit, karena merasa pendapatnya lah yang lebih baik. Anda tidak bisa begitu.

Mendengarkan dan mencoba mencerna pendapat orang lain diperlukan untuk menjalin hubungan (networking) yang sehat.

Karena bisa jadi pendapat orang lain lebih bisa diterapkan dalam pekerjaan setelah didiskusikan secara bersama-sama.

Jika anda sudah paham hal ini maka untuk menjalin sebuah metworking yang lebih luas akan dengan mudah dilakukan.

Artikel buat Anda : cara meningkatkan sukses, bukan teori, siapa pun bisa

#4 Beri Manfaat Sebelum Mengambil Manfaat

Jika Anda familiar dengan dunia online seperti blog yang menyajikan sebuah konten gratis anda akan sadar akan point ini.

Coba anda pikir sejenak dimana anda dapat dengan mudah mendapatkan informasi / tips / cara / tutorial secara gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun dari blog / website yang bersangkutan.

Para admin blog / website tersebut dengan senang hati membuat konten berjam-jam bahkan berhari-hari lalu membagikannya dengan Anda secara free.

Ini bukan tanpa alasan karena dalam hal ini memberi manfaat dulu sebelum mengambil manfaatnya berlaku.

Dengan memberikan manfaat (konten) bermanfaat kepada para pembaca makan akan mendatangkan uang bagi mereka juga.

Jadi jika anda ingin mendapatkan sebuah networking yang luas maka usahakan berikan dulu manfaat kepada orang lain sebelum anda mengambil manfaatnya.

Nah, sobat itulah cara menjalin networking (hubungan) yang bisa panduan karir berikan kali ini, semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda dan bisa bermanfaat.

Jika dirasa bermanfaat silahkan bagikan postingan ini ke jejaring sosial milik Anda, terimakasih sudah berkunjung. Salam sukses.

Kata kunci lainnya: langkah langkah membangun networking dalam bisnis, cara membangun networking dalam bisnis, cara kerja networking, bisnis networking, bisnis network marketing terbaik, pengertian networking dalam bisnis, cara mengelola networking

Artikel Terkait

Latest
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Ridwan
AUTHOR
5/5/19 21:43 delete

KISAH CERITA SUKSES SAYA JADI PNS

Assalamu Alaikum wr-wb, mohon maaf sebelum'nya saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS, saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi Pemerintan Manapun, saya sudah 7 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 2 kali mengikuti ujian, namun hasil'nya Nol bahkan saya sempat putus asah setelah dapat hasil ujian hasil'nya nol,singkat cerita pada suatu hari tempat saya honor mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-2174-0123 dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, 2 bulan kemudian saya sudah ada panggilan untuk pengambilan SK saya, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar, dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, muda mudahan anggota honor yang lain bisa seperti saya amin....amin, dan sekali lagi terima kasih kpd Bpk DR. HERMAN. M.SI direktur aparatur sipil negara di bkn pusat semoga sukses selalu pak herman dan di beri umur panjang. Wassalam.......

Reply
avatar