Cara Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru

beradaptasi di pekerjaan baru
sumber gambar: clipartkid

Beradaptasi di lingkungan kerja merupakan hal pertama yang harus dilakukan oleh seorang karyawan baru.

Banyak yang bilang jika memulai karir disebuah perusahaan atau istansi yang baru dimasuki akan sedikit sulit.

Hal ini dikarenakan setiap karakter individu satu dengan individu yang lain memiliki watak dan kepribadian yang berbeda, sehingga tak jarang seorang karyawan baru akan canggung.

Belum lagi budaya perusahaan atau istansi yang masih minim diketahui, karakter bos seperti apa ?, apa yang tidak disenangi oleh atasan, dan bagaimana menjalin hubungan dengan devisi maupun rekan kerja lainnya.

Ini memang agak sedikit aneh menurut saya terutama di negara-negara berkembang, karena banyak perusahaan yang sedikit kurang bersahabat dengan karyawan baru.

Mungkin perusahaan menginginkan yang terbaik dari seorang karyawan sehingga menuntut maksimal walaupun baru saja bekerja. Memang bagus, namun ada hal-hal yang bisa berbahaya jika tidak ada sosialisasi terhadap karyawan bersangkutan. Bukannya maksimal malah bisa jadi bumerang.

Nah jika kamu termasuk orang yang baru mendapatkan pekerjaan dan belum bisa beradaptasi mungkin tips cara beradaptasi di lingkungan kerja baru ini bisa kamu coba sehingga diharapkan performa kamu bisa maksimal walau berstatus junior.

Sebelum melanjutkan silahkan berdoa menurut kepercayaan dan Agama kalian masing-masing sehingga postingan ini mendapat berkah. Aamiin.

More article : Kunci Terhindar dari Kesulitan Hidup

Beradaptasi di Lingkungan Kerja 


Cara Beradaptasi #1, Riset Perusahaan 


Maksud riset disini bukan perusahaan melakukan riset, namun kamulah yang melakukan atau mencari tahu tentang perusahaan tempat kerja kamu nantinya. Sebenarnya cara ini cocok buat seseorang yang belum memulai pekerjaan namun telah diterima kerja.

Dengan melakukan riset ke perusahaan bersangkutan kamu bisa mencari informasi seperti apa budaya yang harus diikuti diperusahaan tersebut, bagaimana watak ceo, direktur, dan karyawan lain, jam berapa masuk kantor, kapan waktu pulang kerja, dan pakaian apa yang sering di gunakan oleh karyawan senior.

Jika kamu sudah mengetahui hal sedetail mungkin maka kepercayaan diri akan timbul karena ada persiapan untuk menghadapinya dan apa saja yang harus dihindari ketika berada di kantor nantinya.

Sebenarnya hal ini sudah dijelaskan oleh beberapa perusahaan kepada karyawan baru, namun ada juga perusahaan yang akan meminta karyawan belajar sendiri tergantung perusahaannya.

Cara Beradaptasi #2, Datang 30 Menit Lebih Awal


Dihari pertama kamu kerja lebih baik kamu datang lebih awal dibandingkan dengan karyawan lainnya. Hal tersebut sangat banyak manfaatnya jika kamu lakukan.

Datang lebih awal akan menghindari kamu dari macet, tergesah-gesah, dan kamu bisa mempersiapkan mental lebih awal untuk memulai pekerjaan pada hari tersebut.

Bayangkan jika kamu datang dengan jam yang sama dengan jutaan pekerja lainnya, maka trafik lalulintas akan padat, kamu akan terjebak macet bahkan bisa panic karena takut terlambat. Energi kamu juga bisa terkuras gara-gara macet yang seharusnya bisa kamu gunakan untuk melakukan pekerjaan di kantor nantinya.

Yang lebih paranya lagi kamu bisa saja benar-benar terlambat dan membuat kesan yang tidak bagus di mata pemimpin perusahaan dan karyawan lain, masa anak baru datang terlambat.

Cara Beradaptasi #3, Datang Saat libur


Cara ketiga ini sebenarnya cara yang sedikit diluar hal umum. Untuk mempersiapkan mental agar lebih powerful saat masuk kerja di hari pertama kamu bisa mendatangi kantor saat hari libur (hari minggu misalnya).

Biasanya perusahaan akan menjadwalkan awal kerja bagi para pekerja baru pada hari senin. Nah, dari pada kamu memikirkan hal yang tidak-tidak pada hari minggunya karena keesokan harinya akan masuk kerja pertama kali, lebih baik kamu datang ke kantor dan cek beberapa hal.

Bisa berkenalan dengan security menanyakan hal-hal teknis tentang perusahaan, dan jika peru mintalah izin ke pihak security untuk berkeliling kantor untuk melihat-lihat sembari meriset lokasi nantinya kamu bekerja, devisi apa yang ada, dan tempat-tempat penting yang harus kamu ketahui.

Jika kamu sudah paham lokasi kemungkinan besar saat masuk ke kantor esoknya maka kamu sudah paham betul dan tidak tanya sana-sini.

Cara Beradaptasi #4, Persiapkan Pakaian Terbaik


Pakaian merupakan cerminan bagi pemakainya walaupun tidak 100% menggambarkan watak dan kepribadian pemakainya. Orang tidak akan mau tahu apa waktak asli dari seseorang, yang ia tahu adalah si A biasanya berwatak seperti ini karena terlihat dari pakaian yang ia gunakan.

Kamu tidak mau kan jika dianggap oleh orang lain sebagai kepribadian yang tidak menyenangkan karena mengunakan pakaian yang kurang pantas. Apalagi yang menganggap adalah rekan kerja satu perusahaan.

Hal kecil seperti ini akan membuat kamu kesulitan dalam beradaptasi, bukankah jika pakaian yang kamu kenakan sangat cocok akan meningkatkan kepercayaan diri dan secara tidak langsung akan membuat kamu perlahan bisa memposisikan diri pada lingkungan kerja baru.

Oleh karena itu, pilihlah pakaian terbaik dan tercocok untuk kamu gunakan pada saat pertama kali kerja, buat kesan yang profesional kepada bos dan rekan kerja baru kamu.

Cara Beradaptasi #5, Cari Rekan Pertama


Jika cara pertama hingga keempat berlaku sebelum kamu berada di pekerjaan, lain halnya dengan cara yang satu ini. kamu bisa mencari rekan kerja pertama yang bisa membantu kamu beradaptasi di lingkungan kerja baru.

Coba berkenalan dengan rekan kerja yang satu devisi atau satu ruang dengan kamu. Beri kesan pertama kalau kamu adalah orang yang ramah, sopan, dan menyenangkan bukan sebaliknya.

cara ini sebenarnya tidak perlu saya sebutkan lagi karena pastinya dan wajib hukumnya bagi kamu untuk mengenal rekan kerja satu ruang, jangan malah kamu menjadi orang yang introvert saat dilingkungan kerja. Jika hal tersebut kamu lakukan maka kamu akan sulit beradaptasi dan berkembang.

Cara-cara diatas hanya cara yang menjadi opsi untuk kamu yang baru menerima pekerjaan dan bingung harus apa saat pertama kerja nanti, cara diatas tidak wajib namun bisa kamu terapkan nantinya.

Nah itulah yang bisa kamu lakukan untuk beradaptasi di lingkungan kerja baru yang bisa panduan karir sampaikan. Mungkin ada sebagian orang berbeda pedapat, namun tidak ada salahnya kamu terapkan cara-cara di atas untuk memulai karir.

Post ini berjudul “cara beradaptasi di lingkungan kerja”, jika postingan ini dirasa bermanfaat dan bisa membantu kamu, silahkan di share ya ke jejaring sosial milik kamu sehingga lebih banyak yang tahu dan terbantu. Terimakasih sudah berkunjung, Salam sukses buat kamu begitu juga dengan saya. Aamiin.

Artikel lainnya: motivasi untuk fresh graduate

Artikel Terkait

Previous
Next Post »