Tips Sukses dapat Kerja untuk Fresh Graduate, yang Langsung Bisa di Coba!

Apakah kamu lulusan baru? dan masih mencari pekerjaan hingga saat ini!

Jika iya, maka kamu bisa membaca postingan “Tips Sukses Mendapatkan Pekerjaan Untuk Fresh Graduate” ini sampai akhir.

Sebelum itu, pastinya tujuan utama kamu mencari informasi di internet dan tanpa sadar menemukan artikel di blog Panduan Berkarir ini adalah untuk mendapatkan pekerjaan.

Mungkin lebih dari itu, dimana tidak sekedar mendapatkan pekerjaan namun harus bisa diterima juga.

Perlu direnungi secara mendalam bahwa;

Pekerjaan yang cocok buat fresh graduate sebenernya bukan dilihat dari besar atau kecilnya honor yang akan didapatkan, melainkan dari segi lain yang jauh lebih penting bisa berupa;
  • Pengalaman kerja
  • Skill yang meningkat

Jika kedua hal tersebut bisa kamu peroleh saat memulai karir pada perusahaan atau instansi yang pertama kali menerima kamu, maka gerbang kesuksesan akan semakin besar di lain tempat.

Begini, analogikan saja ketika;

Tanpa disadari atau tidak, seorang fresh graduate merupakan seorang yang baru dilahirkan dari dunia pendidikan yang tidak semua lulusan tersebut memiliki skill yang diminta oleh dunia kerja.

Dunia kerja itu dipenuhi persaingan baik yang bersifat transparan maupun tertutup. Jika fresh graduate yang baru lulus tidak tahan banting maka akan dengan mudah terlempar dari kompetisi .

Kompetisi itu bukan masalah bertarung secara fisik antara satu individu dengan individu lainnya, melainkan memiliki makna yang lebih luas lagi, termasuk dalam hal mencari kerja.

Nah bagi anda lulusan baru yang masih fresh dalam segala bidang tidak ada salahnya untuk mencatat apa yang kami jabarkan di bawah ini mengenai beberapa tips sukses dapat kerja, yang diharapkan setelah membaca dan menerapkan panduan ini kamu dapat kerja tidak lama kemudian. Aamiin.

Berikut Daftar Tips Sukses yang Langsung Bisa Diterapkan!


Tips Dapat Kerja #1, Berdoa Ketika Sulit Mendapat Pekerjaan!


Tuhan itu nomor satu, untuk itulah saya mengetik tips sukses ini di urutan pertama. Doa merupakan hal paling realistis yang bisa anda terapkan setelah membaca artikel saya ini, bahkan saat ini juga bisa anda lakukan!.

Jangan meremehkan doa kawan. Mungkin rizki anda belum turun dari langit atau belum keluar dari dasar bumi karena ada yang mengganjal, untuk itulah diperlukan doa supaya penghambat pintu rizki dapat hancur sehingga anda mendapatkan pekerjaan

Saya bukanlah ahli agama namun saya percaya akan hal ini, jika anda belum mengetahui apa doa yang baik untuk dipanjatkan silahkan bertanya kepada ahlinya atau searching di internet.

Tips Dapat Kerja #2, Buat Akun Profesional 


Tips sukses yang kedua yaitu anda harus membuat sebuah akun yang dapat mencerminkan profesionalitas kamu. Saya sarankan linkedink, namun jika anda asing mengunakan linkedink maka bisa menggunakan twitter. No facebook!.

cara dapat kerja
sourch: sribulancer

Panduan sukses mendapatkan pekerjaan ini pun bisa langsung anda terapkan setelah membaca artikel ini tanpa perlu menunggu berhari-hari. Banyak manfaat dari kepemilikan akun jejaring sosial professional bagi seorang fresh graduate.

Jika Anda perlu inspirasi, ini saya berikan contoh Top 25 akun Linkedink fresh graduate terbaik yang bisa dijadikan referensi bagi Anda dalam menentukan karir. (http://www.linkedin.com/title/a-fresh-graduate).

Jika sudah memiliki akun professional tersebut, koneksi dengan orang-orang yang satu minat, bakat, calon profesi yang kamu incar. jangan lupa cantumkan profil bahwa anda sedang membutuhkan pekerjaan.

Tips Dapat Kerja #3, Jemput Pekerjaan 


Kompetisi sangat ketat, Anda tidak bisa mengharapkan dari lowongan kerja saja. Perlu adanya inisiatif menjemput pekerjaan tersebut.

Jalur menjemput pekerjaan akan meminimalisir kompetisi yang akan kamu hadapi bila menggunakan jalur rekrutment umum (lowongan). 

Lowongan kerja akan mengumpulkan berbagai macam sumber daya manusia yang bisa membuat kamu  tersingkir dengan cepat. 

Namun sebaliknya, jika Kamu yang menjemput pekerjaan tersebut, maka kamu tidak memiliki saingan eksternal melainkan saingan dalam diri kamu sendiri yaitu (gengsi).

Menunggu lowongan juga akan menghabiskan waktu. Kita pun tidak tahu kapan ada lowongan seperti yang kita harapkan, yang sesuai dengan kualifikasi kita, dan minat kita.

Dengan menjemput kerja, kita akan menentukan sendiri kapan waktu yang pas, jenis pekerjaan yang sesuai minat, bakat, dan pashion kita.

Tips Dapat Kerja #4, Hubungi Siapa Saja yang bisa memberi Anda Pekerjaan


Mentang-mentang saya menulis menghubungi siapa saja, bukan berarti anda serampangan dalam menghubungi orang. Maksud saya disini adalah orang yang memiliki pengaruh besar hingga sedang, yang jika anda hubungi akan membuat anda dapat kerja.

Perhatikan juga, orang tersebut harus memiliki chanel relasi yang satu profesi dengan anda. sebagai contoh;

Anda lulusan jurusan keguruan....Hubungi orang yang anda kenal yang bisa membuat anda mendapat kerja sebagai seorang guru. Nah orang tersebut bisa saja bukan dari background guru namun seorang staf dinas pendidikan, pemilik lembaga bimbel, dan sebagainya.

Tips Dapat Kerja #5, Bangun Reputasi


Memang cukup sulit membangun sebuah reputasi dari nol terutama bagi seorang fresh graduate.

Banyak yang akan meremehkan kamu jika menawarkan diri pada suatu hal. Inilah menariknya sebuah cara meniti karir, kamu harus membuat mereka yakin terhadap reputasi yang kamu miliki dengan cara baik pendekatan langsung maupun tidak langsung.

Sedikit saya beri tahu kunci membangun reputasi dengan analogi sederhana berdasarkan fakta dilapangan sebagai berikut;

Ada mahasiswa X dan Mahasiswa Y, yang sama-sama berasal dari universitas papan tengah (akreditas B) dengan jurusan programer. 

Mahasiswa X saat berada di semester 4 magang di perusahaan raksasa google cabang Indonesia, sedangkan mahasiswa Y mengikuti berbagai macam organisasi kemahasiswaan saja.

Setelah berjalan 2,5 tahun tepatnya pada semester 8 sampai 9 mereka berdua wisudah, mana yang menurut kamu paling menjanjikan untuk di terima di perusahaan berkelas nasional. 

Apakah mahasiswa X atau Y?...

Pastinya mahasiswa  X bukan!...Inilah realita saat ini walaupun mahasiswa X berstatus magang dan di bayar seadanya namun ia sudah memiliki label pernah bekerja di google, yang siapa saja yang mendengarnya pasti mengatakan pencapaian yang cukup prestisius.

sedangkan mahasiswa Y hanya sibuk dengan organisasi kemahasiswaannya, dengan minim pengalaman kerja. Bukan berati kamu tidak boleh mengikuti organisasi ya, namun akan lebih baik dilakukan seimbang.

Inilah yang harus di manfaatkan  betul-betul oleh kamu yang belum lulus maupun yang sudah lulus. Nah... itukan berlaku buat yang belum lulus, berarti saya sudah terlambat dong!

Tidak benar hal tersebut. Kamu bisa melakukan hal yang sama dengan cara menerapkan jemput bola, tawarkan kepada mereka bila perlu lakukan hal ekstrem dengan meminta tidak di bayar selama 3 bulan dan selama itu tunjukkan 100% kemampuan yang kamu miliki, jika kamu berani melakukannya.

Dengan cara ini kamu bisa memperoleh 2 keuntungan yaitu; pengalaman, dan hilangnya label menggangur. Dan secara tidak langsung reputasi kamu akan terbangun dengan sendirinya.

Tips Dapat Kerja #6, On Time


Maksud on time disini adalah kirim lamaran kamu saat ini juga, jangan menunda-nunda.

Ini sering menjadi penyakit banyak masyarakat RI yang sering menunda-nunda waktu, terutama hal yang berhubungan juga dengan melamar kerja.

Orang mau cari kerja kok gak agresif. 

Begini, saat ini kamu membuka situs lowongan kerja dan secara tanpa sengaja ada postingan lowongan kerja yang baru diterbitkan hari itu juga.

Apa yang harus kamu lakukan?

Kamu harus membuat surat lamaran kerja saat itu juga, dan kirim pada hari itu juga. Jangan nunggu besok-besok!, titik.

Mengapa?

Ini untuk memperkecil pesaing yang akan berdatangan seiring berjalannya waktu. 

Dengan cara mengirim lamaran sedini mungkin, berkas kamu memiliki kesempatan untuk di baca secara menyeluruh oleh pihak HRD. Sedangkan jika menunggu deadline, maka surat lamaran akan banyak juga jumlahnya yang masuk dengan begitu hrd akan membacanya secara singkat.

Nah itulah “tips sukses dapat kerja untuk fresh graduate”, yang langsung bisa di coba!. Saya sarankan lakukan semua tips diatas secara keseluruhan sehingga hasil yang anda dapat maksimal.

Jika kamu punya cara lainnya, bisa di bagikan kepada rekan-rekan lainnya dengan cara menulis di komentar ya. Namun jangan spam ya, terimakasih sudah mengunjungi blog ini.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »